Sabtu, 21 November 2009

TUGAS INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER

TUGAS INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
ALAT INPUT OUTPUT DEVICE

Nama : Sumarni
Nim : 08.05.2939
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND
YOGYAKARTA
2009


ALAT INPUT OUTPUT DEVICE

1.INPUT DEVICE
Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan
lain-lain.
A. Keyboard adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan, huruf, angka atau
simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh
komputer. Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf,
angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi,
apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi
khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
B. Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer
selain papan ketik. Di sebut juga Tetikus karena kabel yang menjulur
berbentuk seperti ekor tikus.
C. Joystick adalah alat masukan komputer transmisikan arah sebesar dua atau tiga
dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk
memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk
mengontrol permainan video, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada
mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
D. Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin
fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu
kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya
menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan
gambar.
E. Tochpad adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari permukaan khusus yang dapat
menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar.
F. Touchscreen adalah layar yang dapat mendeteksi keberadaan dan lokasi sebuah
sentuhan dalam area layar.



2. OUTPUT DEVICE
Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan
keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau
keluaran berupa suara. Contohnya: printer, speaker, plotter, monitor dan banyak
yang lainnya.
A. Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan,
baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya
terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari
tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak
sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan
untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem;
toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh
pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke
tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian
belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke
komputer.
B. Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio
(suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Dalam
setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung
dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang
berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas,
tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang
kualitasnya rendah.
C. Plotter adalah grafik vektor perangkat cetak untuk mencetak grafis plot, yang
terhubung ke sebuah komputer. There are two types of main plotters. Ada dua
jenis plot utama. Those are pen plotters and electrostatic plotters. Mereka
adalah anggota komplotan pena dan elektrostatik komplotan.
D. Monitor adalah bagian dari peralatan listrik yang menampilkan gambar yang
dihasilkan oleh perangkat-perangkat seperti komputer, tanpa menghasilkan
catatan permanen. The monitor comprises the display device, circuitry , and an
enclosure. Monitor terdiri dari perangkat layar, sirkuit, dan sebuah kandang.
The display device in modern monitors is typically a thin film transistor
liquid crystal display (TFT-LCD), while older monitors use a cathode ray tube
(CRT). Perangkat layar monitor modern biasanya sebuah film tipis transistor
liquid crystal display (TFT-LCD), sementara monitor lebih tua menggunakan
tabung sinar katoda (CRT).
E. Proyektor adalah sebuah oleh untuk menampilkan gambar di sebuah layar
proyeksi atau permukaan serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar